RSS

Rabu, 29 Desember 2010

sosio

PENGERTIAN DAN LINGKUP KOMUNIKASI
Yaitu proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang(komukator) kepada org lain(komunikan). Bisa berupa keyakinan, kepastian, keraguan, kekahawatiran, kemarahan, keberanian, kegairahan, dsb yang timbul dari dalam hati.

LINGKUP meliputi persoalan yang ada kaitan dgn substansi interaksi org2 dalam masyarakat, termasuk isi interaksi(komunikasi)yg dilakukan baik lsg maupun dgn mggunakan media.

KOMPONEN/UNSUR komunikasi : Komunikator, komunikan, pesan, media, efek.

jENIS komunikasi: 1. Kom individu-individu, antarpribadi. 2. Kom kelompok, 3. Kom Organisasi. 4. Kom sosial. 5. Kom massa

TUJUAN : Perubahan sikap, pendapat, perilaku, serta adanya perubahan sosial

FUNGSI : menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi

METODE : a) jurnalistik yaitu cetak, elektro, radio, TV.. b) Hubungan masyarakat, iklan, pameran, Publisitas, propaganda, perang urat syaraf, penerangan.

TEKNIK : kom interaktif, persuasive, instruktif, dan humas

BIDANG KOM : kom sosial, manajemen, perusahaan, politik intrnasional, antar budaya, pembangunan, lingkungan, dan kom tradisional

4 PENENTU SEJARAH KOMUNIKASI:
Ditemukan bahasa sbg alat interaksi canggih manusia. Berkembangnya seni tulisan dan kemampuan bicara dgn mamakai bahasa. Berkembangnya kemampuan reproduksi kata2 tertulis dgn mamakai alat pencetak shgga terjadi kom massa. Lahirnya kom elektronik mule dr telegraf, telpob, radio, tv

EMPAT ERA KOMUNIKASI(Everett Rogers): era tulis, media cetak, media telekomunikasi, media interaktif. Masyarakat percaya bahwa perkembangan media berkembang mule dr era media tulis dan media cetak

KOMUNIKASI MASSA: yaitu proses kom yg berlangsung dlm masyarakat luas dgn menggunakan media massa(Mc Quail). Ciri utama kom massa: sumbernya adlh organisasi formal dan pengirimnya adlh professional. Pesan beragam dan dapat diperkirakan. Pesan dan proses dpt dtandarisasikan. Pesan sbg produk memiliki nile jual dan makna simbolik. Hubungan antara komunikan dan komunkator blangsung searah. Bersifat impersonal non moral serta kualitatif.

UNSUR KOM MASSA: 1) komukator: pihak yg menyebrakan informasi mll media masssa dan teknologi informatika ke public, mencari keuntungan dan mewakili institusi formal). 2)
Media massa: media kominfo yg melakukan oenyebaran info scra missal dan dpt d akses scra missal pula.3) Informasi massa: info yg dberikan scra missal. 4)Gatekeeper: penyeleksi info. 5)Public:pendengar ato pemirsa.6)Umpan balik:bersifat tertunda biasanya.

FUNSI KOM MASSA: 1)pengawasan, social learning, panyampaian info, fungsi transformasi budaya, dan hiburan.

PROSES TJD KOM MASSA: Melakukan distribusi dan penerimaan info dlm skala besar(dsebarkan dlm jumlah luas dan diterima oleh masa yg luas). Proses dlakukan satu arah dr komunikator ke komunikan.Proses berlangsung scra asimetris, akbtnya kom bsift datar dan smntara.Proses blangsung non pribadi dan tanpa nama. Proses kom berlangsung pd kbutuhan (market)

DAMPAK :kom bdampak besar mnyngkut cara berpkir, bisa diliat dr respon yg positif dan negative thdp kom massa. Postif :mrka yg tgolong optimis, krna mlihat faedah sosial media di masa dpn. Negatif :menekakankan adanya kerusakan sosial dan moral masyarakat.

EFEK(Burgin) : E. terencana dpt tjdi dlm wktu yg cepat spti propaganda, respon individu, kmpanye,…E. tdk Terencana yaitu dlm wktu cepat(pendudkan kantor Jawapos oleh Banser)dan dlm wktu lama(tayangan kekerasan, criminal)

KERUSAKAN SOSIAL AKBT EFEKE MEDIA MASSA:
1.budauya global mnyebabkan masyrkata bergeser menjadi ke arah sekuler. 2. Media massa kapitalis memicu hilangnya kesenian dan budaya tradisonal, 3.perilaku imitasi.4.menjurus pd pemnbhunuhan karkater.5persaingan tdk sehat antar media.6mendorong perilaku menyimpang.7masyarakat konsumeristik.8alat provokasi kekuasaan.

MSLH SOSIAL DAN MEDIA MASSA: media sbg agent of change atau agent of destroyer.
Mslh sos yg mucul missal: materialism, hedoneisme, seks, konsumerisme, kekerasan, sekulerisme, mistisme.

0 komentar:

Posting Komentar